Objek Objek Wisata Di Bali Barat, Timur, Utara, Dan Selatan


Obyek Wisata Bali Barat

1. Taman Nasional Bali Barat






Taman Nasional Bali Barat terletak di bagian barat dari Pulau Bali di Indonesia. Taman nasional ini mempunyai luas 77.000 hektar, yang kira - kira meliputi 10% dari luas daratan Pulau Bali.
Taman Nasional Bali Barat terdiri dari berbagai habitat hutan dan sabana. Di tengah - tengah taman ini didominasi oleh sisa - sisa empat gunung berapi dari zaman Pleistocene, dengan gunung Patas sebagai titik tertinggi di tempat ini.
Sekitar 160 spesies hewan dan tumbuhan dilindungi di taman nasional ini. Hewan - hewan seperti Banteng, Rusa, lutung, kalong dan aneka burung. Taman Nasional Bali Barat merupakan tempat terakhir untuk menemukan satu - satunya endemik Bali yang hampir punah, Jalak Bali di habitat aslinya.

2. Pantai Medewi



Pantai Medewi Pekutatan Jembrana merupakan kawasan wisata pantai Bali yang berbatu - batu dengan ombaknya yang panjang dan besar. Objek wisata pantai Medewi Pekutatan Jembrana, sangat cocok untuk tempat surfing di Bali. Peselancar tua muda, pemula maupun professional memilih pantai ini sebagai salah satu lokasi terbaik aktifitas surfing selama di Bali. Bentuk pantai yang landai pada sisi bagian barat, dengan lekukan ke arah selatan membuat ombak di pantai selalu besar dan tidak pendek. Sehingga pecinta olahraga selancar tidak pernah kecewa datang ke pantai ini.

Selain surfing, seperti halnya dengan pantai Kuta Bali, pada sore hari pengunjung juga dapat menikmati pemandangan matahari yang akan tenggelam. Ditambah dengan perahu-perahu nelayan di sepanjang pesisir pantai, akan menambah pesona keindahan pantai Medewi Pekutatan Jembrana. Dari atas pantai sudah dipasang sandaran, sehingga pengunjung dapat duduk santai melihat orang – orang berselancar. Dengan perkembangan yang cukup pesat, di kawasan Pantai Medewi juga sudah dibangun fasilitas penunjang seperti tempat wisata menarik di Bali yang lain. Seperti penginapan, rumah makan, toilet umum, kamar mandi, kolam renang dan lahan parkir. Setiap tahun wisatawan mancanegara selalu ramai datang, pada umumnya mereka yang hobi berselancar. Saat musim liburan dan hari raya keagamaan wisatawan lokal juga ikut meramaikan.
Selain fasilitas penunjang pariwisata tersebut, di bibir pantai anda akan melihat jasa pijat sederhana. Usaha ini dikelola sebuah keluarga kecil penduduk setempat. Menempati gubuk sederhana yang beratap alang-alang dengan tempat tidur yang sangat sederhana. Namun kondisi itu tidak pengurungkan niat wisatawan untuk mencoba pijatan jari-jemari ibu-ibu yang mengantungkan hidupnya pada wisatawan yang datang. Tarif yang dikenakan selama satu jam untuk pijat adalah Rp 50.000. Harga tersebut tentunya sangat terjangkau bagi peselancar setelah seharian terjun dengan ombak yang menantang adrenalin.
3. Pura Rambut Siwi

Pura Rambut Siwi adalah salah satu Pura Hindu terbesar di Bali, terletak di Desa Yeh Embang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana di Bali barat. Memerlukan waktu sekitar 2 jam dari Denpasar pergi ke daerah Bali bagian barat atau 30 menit dari Negara. Sangat mudah untuk sampai ke Pura ini dari Denpasar dan hanya cukup mengikuti jalan utama menuju Gilimanuk. Dalam perjalanan ke Gilimanuk, setelah memasuki wilayah Kabupaten Jembrana, anda akan menemukan sebuah Pura di sisi kiri, di mana sebagian besar pengendara menghentikan kendaraannya di tempat ini. Rambut Siwi adalah sebuah Pura Hindu yang indah, terletak di tepi tebing, dengan Samudera Hindia yang luas terhampar di depannya. Pura Rambut Siwi sendiri adalah lokasi dari banyak upacara dan kegiatan keagamaan dalam kalender Hindu di Bali.


4. Taman Rekreasi Tirta Samudra Dlod Brawah




Pantai Delod Berawah yang terletak di Desa Delod Berawah Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana,sebenarnya menyimpan keindahan panorama tersendiri yang sebagai obyek wisata pantai yang belum tergarap secara maksimal.
Berbagai upaya pemda Jembrana mengembangkan objek wisata ini diantaranya di bangun kolam renang air laut.Kolam tersebut terletak di tepi pantai Dlod Brawah, terdiri atas kolam renang dewasa dan kolam renang anak-anak, ini menjadi alternatif tempat berliburan baru dan memberikan hiburan bagi masyarakat.
Fasilitas kolam ini dilengkapi, tempat bilas dan kamar mandi sudah berdiri megah. Rencana pengembangan berikutnya fasilitas ini akan dilengkapi dengan sarana-sarana penunjang seperti taman bermain untuk anak-anak, kios - kios serta penataan tempat parkir. Pengembangan akan dilakukan di timur kolam yang ada sekarang. Selain itu, kolam air laut mempunyai efek Hydrotherapy yang berdampak pada :
* Fisioterapi dalam arti membantu proses pemulihan untuk dapat mengaktifkan kembali anggota tubuh bagi penderita yang mengalami penyakit/gangguan pada fungsi gerak tubuh.
* Membantu pemulihan penyakit rematik/gangguan pada sendi.
* Membantu pemulihan/proses penyembuhan untuk penyakit syaraf.
* Membantu pemulihan/proses penyembuhan untuk penyakit asma.
* Membantu pemulihan/proses penyembuhan dari rasa kesemutan.
* Membantu pemulihan/proses penyembuhan untuk penyakit stroke.
* Membantu pemulihan/proses penyembuhan untuk penyakit kulit.
* Membantu pemulihan/proses penyembuhan dari rasa pegal - pegal di badan.
* Membantu pemulihan/proses penyembuhan dari rasa linu - linu pada tubuh.
* Membantu pemulihan/proses penyembuhan penyakit gatal pada kulit.
* Menghaluskan kulit
* Mempunyai efek pada penambahan kekebalan pada daya tahan tubuh.
* Mempunyai efek terhadap kejiwaan/psychologis antara lain membantu proses pemulihan untuk penyakit :
1. Insomnia/penyakit susah tidur.
2. Stress /ketegangan.
3. Anxiety/kecemasan/kegelisahan.


5. Pantai Baluk Rening






Lagi-lagi memang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan seperti di Sanur, Nusa Dua, atau Kuta, namun Baluk Rening memiliki keunikannya tersendiri. Berkunjung ke pantai ini bukan hanya bisa memanjakan mata dan merelaksasi fikiran, namun juga bisa mengobati berbagai penyakit seperti reumatik dan asam urat. Iya benar, pasir Beluk Rening dipercaya bisa menyembuhkan penyakit khususnya yang disebutkan diatas dengan cara menimbuni dan merendamkan air laut di sekujur tubuh.
Semakin hari rupanya semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Baluk Rening dengan tujuan untuk mandi, sekadar melepaskan lelah, berobat, dan banyak lagi hal lainnya yang dilakukan disini. Baluk Rening sebenarnya sudah menjadi objek wisata di Kabupaten Jembrana ini cukup lama dan sempat berkembang pada awal tahun 1990-an, namun karena terjangan badai krisis ekonomi membuat nama Baluk Rening meredup.
Wisatawan domestik, terutama yang datang dari Pulau Jawa dengan mengendarai mobil pribadi, bisa berkunjung ke objek wisata Baluk Rening, untuk mencoba khasiat air laut dan mencoba pasirnya yang konon bisa meyembuhkan beberapa penyakit itu. Tentu saja untuk datang kesana, harus pada siang atau pagi hari. Lokasi objek wisata ini, terletak sekitar empat kilometer sebelah selatan jalan utama Denpasar Gilimanuk, tepatnya ke arah selatan dari kilometer 5 sebelah barat kota Negara.
Beberapa restoran telah ada di Baluk Rening ini yang bisa Anda kunjungi ketika rasa lapar menyergap. Juga ada Hotel Melati yang memiliki puluhan kamar kalau - kalau ada wisatawan yang berniat bermalam di pantai ini. Paca-krisis ekonomi tahun 1998 dan ledakan Bom Bali beberapa tahun silam, Baluk Rening mulai berbenah dan mengharap semakin banyak wisatawan yang datang berkunjung sehingga objek wisata ini semakin terkenal dan semakin banyak memberikan pemasukan.

6. Bendungan Palasari





Obyek wisata Bendungan Palasari berlokasi di Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, 26 Km ke arah barat dari kota Negara. Bendungan ini berfungsi sebagai pengendali bencana banjir, irigasi, perikanan dan tempat rekreasi. Bendungan ini dilatar belakangi oleh hutan lindung yang cukup bagus serta mempunyai hawa sejuk. Sehingga cocok untuk wisata tirtha serta wana wisata di daerah sekitarnya. Bendungan ini sudah dilengkapi dengan sampan yang berekreasi mengelilingi bendungan tersebut.

 7. Taman Wisata Air Gumbrih



Taman wisata air ini merupakan obyek wisata yang menarik, karena mengkombinasikan indahnya aliran Tukad Pangyangan yang tenang dengan hijaunya kelapa dan buyuk liar di sepanjang sungai. Wisatawan dapat menyusuri sungai ini dengan menaiki jukung bertenaga mesin yang dikemudikan oleh awak yang profesional. Selain itu tersedia pula perahu boat sebagai sarana transportasi menyusuri sungai. Jarak yang harus ditempuh adalah kurang lebih 2 kilometer, dengan titik henti di jembatan yang merupakan perbatasan Pangyangan-Gumbrih.


Obyek Wisata Bali Timur
1. Kertagosa

Kerta Gosa berada di pusat kota Kabupaten Klungkung. Sekitar 40 km dari kota Denpasar, ke arah timur dengan melintasi By Pass Prof. Dr Ida Bagus Mantra. Lokasinya tepat di depan kantor Bupati Kabupaten Klungkung. Wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 12.000 sudah termasuk menggunakan sarung dan selendang sebelum memasuki areal Kerta Gosa. 
  • 2. Goa Lawah



Pura Goa Lawah merupakan Salah Satu Kahyangan Jagat dan menjadi salah satu objek wisata di Bali, tempat yang dipercaya oleh umat Hindu sebagai perpaduan antara laut dan gunung, intisarinya mengandung suatu rasa terima kasih ke Tuhan Yang Maha Esa dalam manifestasi Girinatha sebagai pelindung gunung, serta Hyang Baruna sebagai penguasa laut. Liburan tour mengambil jurusan ke arah Timur pulau Dewata anda akan bertemu dengan Pura Goa Lawah ini. Atau sewa mobil di Bali sambil mengeksplorasi tempat menarik lainnya di daerah kawasan Timur pulau ini seperti Candidasa, Pantai Prasi, Ujung, Labuhan Amuk, Tulamben.
Pura Goa Lawah terletak sekitar 49km dari Kota Denpasar tepatnya berada kawasan Kecamatan Dawan,Klungkung atau sekitar 10km sebelah timur Kota Semarapura.Tidak diketahui pasti siapa pendiri serta kapan didirikannya Pura Goa Lawah ini tetapi pura ini diperkirakan didirikan oleh Mpu Kuturan pada abad ke-11. Keberadaan Pura terlihat unik serta menarik dihuni oleh ribuan kelelawar, termasuk sebagai salah satu Kahyangan Jagat atau Sad Kahyangan. Banyak wisatawan asing dan domestik ikut tour kemudian berkunjung ke objek wisata ini.
3. Pura Besakih



Pura Besakih adalah sebuah komplek pura yang terletak di Desa Besakih, Kecamatan Rendang Kabupaten KarangasemBaliIndonesia. Komplek Pura Besakih terdiri dari 1 Pura Pusat (Pura Penataran Agung Besakih) dan 18 Pura Pendamping (1 Pura Basukian dan 17 Pura Lainnya). Di Pura Basukian, di areal inilah pertama kalinya tempat diterimanya wahyu Tuhan oleh Hyang Rsi Markendya, cikal bakal Agama Hindu Dharma sekarang di Bali, sebagai pusatnya. Pura Besakih merupakan pusat kegiatan dari seluruh Pura yang ada di Bali. Di antara semua pura - pura yang termasuk dalam kompleks Pura Besakih, Pura Penataran Agung adalah pura yang terbesar, terbanyak bangunan - bangunan pelinggihnya, terbanyak jenis upakaranya dan merupakan pusat dan semua pura yang ada di komplek Pura Besakih. Di Pura Penataran Agung terdapat 3 arca atau candi utama simbol stana dari sifat Tuhan Tri Murti, yaitu Dewa Brahma, Dewa Wisnu dan Dewa Siwa yang merupakan perlambang Dewa Pencipta, Dewa Pemelihara dan Dewa Pelebur/Reinkarnasi. Pura Besakih masuk dalam daftar pengusulan Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1995.
4. Taman Ujung




Taman Ujung atau Taman Sukasada, adalah sebuat taman di Banjar Ujung, Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, Karangasem, Bali. Taman ini terletak sekitar 5 km di sebelah tenggara kota Amlapura. Di masa Hindia Belanda tempat dikenal dengan nama Waterpaleis atau istana air.


5. Pantai Amed



Pantai Amed Karangasem menawarkan keindahan pantai dengan matahari terbit, selain itu pantai Amed memiliki keindahan kehidupan bawah laut yang dapat anda nikmati saat anda diving atau menyelam. Di pinggir pantai ada sebuah danau yang biasanya digunakan sebagai tempat untuk latihan menyelam. Penyelam domestik maupun mancanegara sangat menyukai menyelam di Amed Bali. Pantai Amed berpasirnya berwarna hitam, airnya sangat jernih, memiliki beraneka ragam biota laut, terumbu karang dan kehidupan lainnya. Hal ini menjadi daya tarik utama para wisatawan untuk menyelam di pantai ini.Amed Bali Apabila terus berjalan menyusuri pantai Amed, anda akan sampai di Desa Jemeluk yang memiliki kepingan – kepingan kecil taman coral yang sangat indah. Para penyelam dapat menggunakan perahu untuk mencapai Desa Jemeluk. Disana penyelam dapat melihat penyu, ikan pari, hiu karang dan terumbu karang yang sangat indah tergantung dari kedalaman penyelaman. Sekitar 10 meter dari bibir pantai Amed terdapat kerangka kapal patroli Jepang pada Perang Dunia II yang karam. Lokasi ini kerang kapal dijadikan daerah wisata menyelam seperti yang terdapat di Desa Tulamben Bali. Di kawasan Amed Bali sudah banyak dibangun fasilitas – fasilitas pariwisata penting seperti hotel, restoran, dan bungalow. Harga sewanya pun bervariasi, mulai dari Rp 350.000 per malam hingga Rp 2.000.000. Beberapa hotel ada yang menyediakan fasilitas belajar menyelam, mulai dari kelas pemula hingga professional. Wisatawan akan ditemani oleh pemandu yang sudah terlatih dan berpengalaman serta didukung dengan peralatan yang sudah berstandar international.
Akses untuk menuju desa Amed Bali, sangat mudah dengan kendaraan roda dua maupun empat. Suasana pedesaan masih sangat kental karena belum terjamah pengaruh asing. Sebagian besar mata pencaharian penduduknya bekerja sebagai nelayan. Namun seiring berkembangnya obyek wisata Amed Bali dan banyak dibangunnya hotel di sekitar pantai Amed, pekerjaan sebagian penduduknya beralih ke sector pariwisata. Ada yang menjadi pegawai hotel, pemandu diving, tukang pijat di pantai, pedagang acung, sopir dan pegawai di sector pemerintah. Dengan perkembangan wisata menyelam di desa Amed, sangat membantu perekonomian masyarakat desa Amed. 
6. Tulamben

Tulamben sudah sangat terkenal di kalangan penyelam domestik maupun mancanegara. Apa yang membuat Tulamben begitu terkenal? Tak lain adalah kemudahan dan kekayaan biota laut yang ditawarkan oleh situs penyelaman ini. Ditambah dengan bangkai Kapal USS Liberty yang sangat mudah diakses dan menyajikan berbagai mahluk bawah laut mulai dari yang kecil seperti siput laut, kepiting dan udang, ghost pipefish dan pygmy seahorse sampai yang besar seperti hiu, ikan Mola mola, dan lain lain. Tulamben menawarkan situs penyelaman yang sesuai untuk kursus penyelaman, penyelaman santai dan fotografi bawah air.
7. Padang Bai



Padang Bai adalah sebuah desa di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, sisi timur Pulau Bali, Indonesia. Kota ini menjadi pelabuhan feri untuk pelayaran ke Pulau Lombok, Nusa Penida, Kepulauan Gili dan pulau-pulau lainnya di Nusa Tenggara Barat. Selain menjadi kota pelabuhan, kota ini juga menawarkan para wisatawan dengan kehidupan kota pantai kecil yang indah dan tenang yang berupa teluk dimana di sebelah timurnya terdapat sebuah tanjung yang dinamakan tanjung sari yang namanya diambil dari nama sebuah tempat suci pura pemujaan mpu bradah yang bernama pura tanjung sari. Selain pantai utama yang berpasir putih, di snini juga terdapat 2 pantai lain yang berpasir putih yaitu pantai padang kurungan di sebelah timur dan pantaibias tugel di sebelah barat. Pantai padang kurungan merupakan pantai yang indah yang terkenal karena keindahan bawah lautnya yang didominasi oleh ikan hias berwarna-warni dan soft coral dan keberadaan laguna biru di tengah pantainya yang indah sehingga pantai ini sering juga disebut pantai blue lagoon. sedangkan pantai bias tugel yang terletak di sebelah barat pantai utama padangbai, terkenal keindahannya karena pair putihnya yang terhampar luas dan lautnya yang biru dan jernih.
8. Wisata Arung Jeram di Sungai Telaga Waja




Telaga Waja rafting memiliki karakter berbeda dengan rafting di sungai lain di Bali, seperti Ayung rafting. Sungai Telaga Waja, mempunyai trek rafting yang paling panjang di Bali, yaitu sejauh 16 km. Untuk menyusuri trek rafting di sungai Telaga Waja, diperlukan waktu sekitar 2,5 jam sampai 3 jam. Sungai Telaga Waja Bali memiliki air yang  jernih dan arus air mengalir sangat deras. Sangat cocok untuk peserta yang memiliki jiwa petualang dan suka tantangan.
Sungai Telaga Waja memiliki turunan yang tingginya hampir 5 meter dengan kemiringan sekitar 50 derajat. Menuruni turunan ini dengan anda berada di atas perahu karet adalah bagian terseru dari arung jeram di sungai Telaga Waja Bali.
9. Kintamani






Salah satu obyek wisata di Bali yang ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara adalah Kintamani. Terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Perjalanan menuju tempat wisata ini dari Kota Denpasar sekitar 2 jam dengan kendaraan bermotor atau sekitar 79,9 kilometer dari Bandara Udara Ngurah Rai.
Di objek wisata ini ada sebuah obyek wisata yang disebut Penelokan. Dalam Bahasa Bali, kata Penelokan berarti melihat – lihat. Penelokan berada di Desa Kedisan, daerah ini menawarkan pemandangan alam pegunungan dan danau yang sejuk di siang hari dan dingin di malam hari. Danau Batur yang berbentuk bulan sabit disebut sebagai kaldera terindah di dunia oleh wisatawan yang berkunjung. Hamparan bebatuan hitam bekas letusan Gunung Batur pun sangat sangat menarik dijadikan lokasi pemotretan foto prewedding.
Di tepi Danau Batur terdapat permandian air panas. Menurut cerita permandian air panas tersebut dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Sumber air panas tersebut berasal dari mata air yang dekat dengan Gunung Batur. Setiap wisatawan yang berkunjung tidak pernah melewatkan kesempatan untuk menikmati kolam air panas alami tersebut.
Perjalanan di Kintamani juga dapat dilanjutkan ke arah utara menuju sebuah pura, yaitu Pura Batur. Pura ini adalah salah satu Pura penting di Bali. Disamping itu anda juga dapat berkunjung ke sebuah desa tua dengan menyebrangi danau. Tepatnya Desa Truyan yang merupakan Desa Bali Aga atau desa yang hukum adat istiadatnya masih sangat kuat. Di desa ini mayat orang yang telah meninggal tidak dikuburkan. Melainkan ditaruh di bawah pohon menyan, sehingga tidak menimbulkan bau karena sudah dihisap oleh bau menyan dari pohon tersebut.

Obyek Wisata Bali Utara
1. Taman Ayun



Taman Ayun adalah sebuah kompleks Pura yang sangat besar, terletak di Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, kurang lebih 18km dari jantung Kota Denpasar. Setelah kita melewati pintu masuk, taman luas yang terawat baik menyambut kedatangan, dengan rumput hijau yang benar - benar indah, tapi sayangnya pada saat hari panas hal ini dapat menjadi sangat berat karena tidak terdapat pohon - pohon besar untuk memberikan keteduhan di taman ini. Ketika kita mencari keteduhan, taman bagian belakang adalah jawabannya. Akan sangat menyenangkan sekali untuk berjalan-jalan di jalan bebatuan di bawah pohon - pohon besar ditemanani oleh suara burung - burung yang sedang bernyanyi.
2. Air Terjun GitGit





Obyek wisata air terjun Gitgit menawarkan keindahan air terjun, dengan segarnya air pegunungan alami dengan lingkungan hutan alami. Tempat ini cocok untuk pecinta petualangan yaitu trekking,  medan jalanan setapak berkelok dan naik turun. Setelah sampai ke lokasi anda bisa menyaksikan keindahan terpampang depan mata, angin sepoi - sepoi ikut membawa embun atau uap yang diterbangkan angin menerpa wajah, terasa begitu segar, rerimbunan pohon serta rambatan semak pada tebing menambah kealamian tempat ini, ingin merasakan sensasi segarnya air pegunungan yang jernih, anda bahkan bisa berendam dan mandi disini.
Desa Gitgit ini memang memiliki air terjun tertinggi di Bali, dibandingkan sekumpul, Les dan Munduk. Untuk mencapai lokasi dari parkir pengunjung harus berjalan beberapa ratus meter melewati jalur persawahan, kebun cengkeh, kopi. Menawarkan nuansa alam sejuk begitu khas pada daerah daerah dataran tinggi pegunungan. Sesampa lokasi, pengunjung akan terkesima, kesan asri, alami dan indah terletak jauh dari polusi apalagi kebisingan, embun atau uap air yang diterbangkan oleh semilir angin, sebuah terapi alam bebas dapat menyegarkan jasmani bahkan rohani, menyajikan sebuah petualangan yang sempurna. Objek wisata di Bali ini menjadi salah satu andalan Kabupaten Buleleng.
Air terjun ini terletak di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Buleleng, Bali. Dari kota Singaraja berjarak 11 km ke arah Selatan, dari Denpasar berjarak 90km. Dengan ketinggian 35 meter, seperti telah diulas pada bagian awal, menawarkan keindahan yang sulit dilukiskan dengan kata-kata, kesan asri dan mempesona, hawanya begitu sejuk. Anda bisa menikmati pemandangan sawah, menikmati kicauan burung, sepanjang perjalanan kaki dari areal parkir menuju lokasi air terjun, semua usaha akan terbayarkan setelah tiba dan melihat keindahannya. Tour ke kawasan Bali Utara, selain Lovina, menjadi tujuan para pelancong.

3. Pantai Lovina





Pantai Lovina termasuk obyek wisata di pesisir Bali Utara. Tepatnya 10km ke arah barat Kota Singaraja. Lokasinya di Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng, Bali. Oleh sebab itu lebih dikenal dengan obyek wisata Kalibukbuk. Pantai Lovina yang berpasir hitam masih sangat alami, sehingga menarik dikunjungi wisatawan. Perjalanan ke tengah laut diperairan Lovina sangat menarik dikunjungi. Anda dapat menjumpai lumba-lumba sekitar 1km dari bibir pantai. Laut Lovina yang relatif tenang sehingga bisa berwisata dengan menggunakan perahu nelayan.
Kawasan Lovina sangat terkenal dengan pertunjukan lumba-lumba liar di tengah laut. Di pantai ini terdapat ratusan lumba-lumba. Untuk dapat melihat lumba - lumba beraksi, anda harus berangkat ke tengah laut sebelum matahari terbit. Lumba–lumba akan bermunculan antara jam 6 hingga jam 8 pagi. Ada yang melompat-lompat ke permukaan, dan ada juga yang sekedar berenang. Sangat menarik aksi binatang laut berwarna hitam yang satu ini.

4. Desa Munduk



Desa Munduk menjadi sebuah idaman bagi wisatawan yang membutuhkan sebuah ketenangan, pemandangan sekelilingnya betul - betul asri serta alam dalam balutan hawa sejuk pegunungan. Lokasinya di Kecamatan Banjar, Kab. Buleleng kawasan Bali Utara, desa ini terletak pada ketinggian 800 mdpl, sehingga suhunya berkisar antara 20-25 °C, tergolong sejuk.  Menjadi tempat wisata ideal bagi anda untuk melepaskan penat, men-refresh kembali pikiran dari rutinitas sehari - hari. Kawasan sekitarnya asri dan hijau, bagi yang sudah bosan dengan suasana pesisir/ pantai tempat ini akan menjadikan suasana liburan anda teras berbeda.
Untuk menuju lokasi, dari arah Denpasar butuh waktu sekitar 2,5 jam perjalanan melewati beberapa objek wisata di Bali , seperti Bedugul, danau Buyan dan Tamblingan, melintasi kelokan serta tanjakan, jalanan relatif masih sepi, diwarnai pemandangan lembah dan bukit, sawah serta perkebunan penduduk sungguh suguhan pesona, jarang bisa ditemukan di tempat lainnya. Sehingga Suasana perjalanan menuju liburan ke puncak bersama orang - orang tercinta, menjadi sebuah pengalaman layak dikenang.

5. Pemuteran




Pemuteran Bay adalah di barat laut tenang Bali. Sebuah desa santai kecil yang telah menjadi semakin populer dengan pengunjung dalam beberapa tahun terakhir. Dalam latar belakang Teluk adalah puncak gunung megah, laut bebas dari saat ini dan sempurna untuk berenang. Pemuteran memiliki wilayah terbesar terumbu dangkal di Bali. Juga kedekatannya dengan Pulau Menjangan snorkeling dan menyelam surga dan Taman Nasional Bali Barat bersama dengan keindahan alam yang ekstrim daerah, telah memicu pertumbuhan yang cukup pesat di bidang infrastruktur pariwisata di daerah tersebut. Ada sejumlah resor pantai, villa dan tinggal di rumah, cocok untuk semua anggaran.



Obyek Wisata Bali Selatan
1. Kuta




Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak Kecamatan Kuta, sebelah selatan Kota DenpasarBaliIndonesia. Daerah ini merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal tahun 1970-an. Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai Sanur. Selain itu, Lapangan Udara I Gusti Ngurah Rai terletak tidak jauh dari Kuta.


2. Jimbaran





Jimbaran adalah sebuah kelurahan yang terdiri dari 12 banjar adat dan 1 banjar dinas di wilayah Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten BadungBali. Lokasi wilayah ini berdekatan Sanur dan Nusa Dua serta Bandara Internasional Ngurah Rai.
Desa adat Jimbaran pada mulanya merupakan kampung nelayan serta petani. Semenjak di wilayah pantai Jimbaran muncul banyak tempat makan hasil laut (seafood) yang pertama di Bali selatan serta beberapa hotel bertaraf internasional, kini mata pencaharian penduduk lokal lebih ke arah pariwisata.

3. Nusa Dua






Nusa Dua merupakan sebuah enklave berisi resor besar internasional berbintang 5 di tenggara Bali. Terletak 40 kilometer dari Denpasar, ibukota provinsi Bali.
Nusa Dua adalah lokasi Konferensi PBB tentang Perubahan Iklim 2008 antara 3 Desember dan 14 Desember 2007.
Tempat Menarik yang ada di Nusa Dua :
  • Bali Collection
  • Bali International Convention Centre
  • Golf Course Nusa Dua
  • Grand Hyatt Bali
  • Kayumanis Nusa Dua Villa & Spa
  • Melia Bali
  • Royal Kamuela Villa & Spa Nusa Dua Resort
  • The Laguna
  • The Westin Resort Nusa Dua
  • Nusa dua resort dan spa

4. Uluwatu






Pura Uluwatu merupakan salah satu obyek wisata di Bali yang populer dan menjadi destinasi wajib saat kunjungan tour. Keberadaannya menarik dan mengagumkan terletak di penghujung batu karang terjal, terlihat begitu unik dan menarik, disini para pengunjung dapat melihat matahari terbenam / sunset yang indah. Kawasan pura tersedia stage tempat digelarnya pertunjukan tari Kecak setiap sore hari, dengan latar belakang sunset menjadikannya sebuah pertunjukan spektakuler, dengan diiringi oleh kelompok penari laki-laki berjumlah sekitar 50 orang. Jika anda Liburan ke pulau ini sempatkan untuk menikmati sunset di Uluwatu dengan hiburan tari kecak.
Objek wisata Uluwatu memang kita kenal sebagai tempat yang menawarkan keindahan matahari terbenam, dimana bola bundar dengan rona jinnga kemerahan ini seolah tenggelam ditelan samudera Indonesia di sebelah Barat kaki cakrawala, ditambah paduan tari Kecak dipentaskan setiap sore harinya dimulai pukul 18.00 selama 1 jam, menjadikanya objek paling dicari pada sore hari oleh wisatawan, pementasan Tari Kecak ini tergolong paling menarik dan mengasikkan, dengan durasi pementasan cukup lama, latar belakang sunset, serta penonton kadang-kadang diajak ikut berinteraksi.Sehingga menjadikannya pengalaman menarik.
Namun sebelum perjalanan puncak sampai ke Uluwatu sepanjang perjalanan searah menuju tempat ini, kita melintasi desa Pecatu, sepanjang perjalanan banyak sekali tempat-tempat primadona, serta sangat layak dikunjungi, seperti GWK, pantai Dreamland, Balangan dan pantai Pandawa sebuah tempat baru dalam suguhan pesona alam eksotik. Memang kawasan Selatan ini tergolong kaya dengan tempat-tempat dengan keindahan yang tak terbantahkan.
Jadi yakinkan perjalanan anda ke daerah Selatan juga bisa menikmati berbagai aktifitas watersport  terletak di Tanjung Benoa Nusa Dua. Rekreasi pulau dewata lainnya juga kami sediakan,  tidak bisa anda lewatkan begitu saja, seperti rafting Sungai Melangit, Telaga Waja dan Ayung, suka petualang dengan kapal pesiar lokal kami sediakan juga voucher cruise untuk Bali Hai dan Quicksilver, tiket kapal selam  Odyssey Submarine di Labuhan Amuk, desa Antiga Karangasem.

5. Garuda Wisnu Kencana (GWK)







Garuda Wisnu Kencana atau terkenal dengan sebutan GWK Bali, merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Bali. Saking terkenalnya Garuda Wisnu Kencana, tempat wisata GWK Bali selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik dan wisatawan Asing. Banyak wisatawan mengatakan, objek wisata Garuda Wisnu Kencana salah satu objek wisata di Bali yang harus dikunjungi.
Tempat wisata di Bali GWK adalah sebuah taman budaya yang memiliki luas 240 hektar. Lokasi dari GWK Bali berada di Jalan Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kuta Selatan
, Kabupaten Badung 80364. Jika anda datang dari Airport Ngurah Rai, menuju lokasi dari tempat wisata di Bali GWK, hanya membutuhkan waktu 15 – 20 menit, tentunya dalam keadaan lalu lintas lancar.
6. Tanjung Benoa





Tanjung Benoa adalah sebuah kelurahan di wilayah Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Tanjung Benoa merupakan tempat wisata di Bali yang terkenal akan pantainya. Tempat ini juga merupakan surganya wahana air seperti banana boatscuba divingparasailing, rolling donut, seawalker, flying fish, snorkeling dll. Selain itu, terdapat pelayaran menuju Pulau Penyu tempat hidup dan penangkaran seekor kura-kura, ular, jalak bali, dan sebagainya. Sehingga tidak salah kalau Tanjung Benoa dikenal sebagai pusat wisata bahari di Bali.
Aktifitas wahana air sangat tergantung dari kondisi pasang surut air laut yang dikenal istilah pasang purnama dan pasang tilem. Jika kena pengaruh bulan mati (tilem), atraksi wisata laut baru bisa dilangsungkan di atas pukul 11.00 hingga sore. Sebaliknya, kalau terkena pengaruh pasang purnama (bulan penuh), wisatawan bisa memulai aktivitas wisata tirta sejak pagi hari, sekitar pukul 09.00 hingga sore hari biasanya sampai jam 4 sore. Bibir pantai Tanjung Benoa memiliki laut yang aman, nyaman dan indah. Karang lautnya masih lestari, sehingga ombak akan pecah di luar, sebelum menyentuh bibir pantai. Karena itu, di pantai Tanjung Benoa dikenal istilah ''laut dangkal'' dan ''laut dalam''.
Pesisir pantai Tanjung Benoa mencakup tujuh lingkungan/banjar, enam di antaranya masuk wilayah Kelurahan Tanjung Benoa (Banjar Kerta Pascima, Anyar, Tengah, Purwa Santi, Panca Bhineka, dan Banjar Tengkulung), sedangkan Banjar Terora masuk wilayah Kelurahan Benoa. Luas keseluruhannya 400,39 hektar, 226,64 hektar di antaranya adalah luar wilayah Banjar Terora. Dengan demikian luas wilayah Tanjung Benoa hanya 173,75 hektar.


Sekian dulu postingan dari saya tentang tempat - tempat wisata di Bali. Anda berminat? Ayo langsung aja kunjungi tempat - tempat tersebut hehe :)
sumber : www.google.com

Komentar

  1. berhubung rumahku di banyuwangi Jawa Timur, kalo mau maen ke bali (kalo gak mau nginep) biasanya langsung ke pemuteran. cuma makan dan berenang aja di sana, kadang cari2 reverensi view2 hotel yg kece di tripadvisor. kadang sarapan di hotel a, makan siang di hotel b, lihat sunset di hotel c, hbis itu pulang ke Jawa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih banyak tempat wisata di bali yang belum saya post gan, kalau mau cek instagram kami di @jelajahpulaubali

      Hapus
  2. infonya berharga nih buat aku yang mau ke bali :) hehe thx

    dapatkan penawaran menarik dari wisata dieng : Paket Wisata Dieng
    Klik saja dari pada penasaran Paket Wisata Dieng

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iyaiya makasi banyak udah berkunjung ke blog saya gan :)

      Hapus
  3. Bali jg terkenal spot surfingnya loh
    Yuk kunjungi situs http://grajagan.com/g-land-packages-2017/

    BalasHapus
  4. wahhh, objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi, tapi kalau ingin mencari referensi seputar surfing bisa kunjungi website http://g-land.asia/

    BalasHapus
  5. Saya orang bali asli dan juga suka jalan-jalan ke banyak objek wisata bali. Dalam perjalanan saya biasanya saya juga membuat artikel pembahasan objek wisata tersebut. Ada banyak sekali objek wisata bali yang saya temukan. Untuk informasi lengkapnya bisa cek disini : Daftar Objek Wisata Bali Lengkap

    BalasHapus
  6. Terima kasih sudah mampir ke blog kami gan :)

    BalasHapus
  7. Terima kasih sudah mampir ke blog kami gan :)

    BalasHapus
  8. Terima kasih sudah mampir ke blog kami gan :)

    BalasHapus
  9. Klo dari uluwatu disarankan langsung pergi ke pantai balangan saat anda Wisata Di Bali karena jaraknya dekat

    BalasHapus

Posting Komentar